0

Toxoplasma

Selama ini, orang-orang beranggapan bahwa kucing adalah hewan yang menjadi sumber utama penularan penyakit Toxoplasma. Padahal, penyakit juga bisa ditularkan melalui semua hewan, termasuk burung dan ikan. Penyebaran virus toxoplasma juga bisa melalui makanan yang tercemar oleh kotoran binatang peliharaan kita atau makanan yang nggak dimasak secara sempurna (setengah matang).

Penyakit ini disebabkan oleh parasit Protozoa yang bernama Toxoplasma gondii. Pada infeksi akut, parasit ini bisa ditemukan bebas dalam berbagai jaringan dan cairan tubuh. Toxoplasma berkembangbiak di dalam sel darah putih, jaringan parenkhim dan sel endotel dengan cara membelah diri. Setelah membentuk kista, parasit ini akan berdiam diri di dalam jaringan syaraf mata, otot jantung, alat pencernaan dan lain sebagainya .

Gimana Cara Virus Toxoplasma Menyerang Manusia?


Pada saluran pencernaan hewan sebangsa kucing, toxoplasma bisa berkembang secara sexual dan non-sexual. Pada kotoran hewan sebangsa kucing, toxoplasma ditemukan dalam bentuk telur. Dalam waktu 48 jam telur itu membelah menjadi sporozoit. Sporozoid inilah yang berbahaya bagi manusia atau hewan lain jika tertelan melalui makanan atau minumam yang tercemar.

Tokso biasanya menginfeksi otak, tetapi bisa juga menyerang bagian tubuh -lain terutama mata. Tokso menyebabkan luka yang amat serius di otak. Pada kehamilan, tokso dapat mengakibatkan keguguran atau cacat pada bayi. Penderita Toxoplasma keadaannya akan semangkin buruk kalau kondisi fisiknya lemah, sehingga kekebalan tubuh jadi menurun, kekurangan gizi dan dalam keadaan stres. Dalam keadaan ini perempuan yang paling banyak menderita dan mempunyai resiko tinggi tertular infeksi ini, karena setiap bulan perempuan selalu mengalami menstruasi dan pada saat itulah kekebalan tubuh secara alami akan menurun dengan drastis dan kondisi tubuhnya akan melemah. Tapi, bukan berarti kaum laki-laki terbebas dari penyakit ini, asal selalu menjaga kondisi tubuhnya dengan baik. Untuk terhindar dari penyakit ini, asal selalu menjaga kondis tubuhnya dengan baik.

Tips-tips menghindari Virus Toxoplasma

Kalau kamu memelihara kucing di rumah :
1. Berikan makanan yang sudah dimasak secara sempurna, atau berikan makanan kucing yang biasa dijual di petshop.
2. Sediakan tempat khusus untuk si kucing kita buang air.
3. Jaga kebersihan si kucing termasuk kandang dan tempat pasir kucing.
4. Jaga kesehatan kucing kita dengan memeriksakannya secara rutin ke dokter hewan.
5. Jangan biarkan kucing kita berkeliaran di luar rumah dan ‘bergaul’ dengan kucing liar.

Pencegahan untuk diri kita sendiri :
1. Hindari memakan makanan setengah matang dan buah atau sayuran yang belum dicuci bersih.
2. Hindari menggosok mata atau menyentuh muka saat sedang menyiapkan makanan.
3. Cuci tangan sebelum makan dan setelah melakukan kontak dengan kucing, tanah, dan daging mentah.
4. Cuci perlatan makan dengan bersih.
5. Pakai sarung tangan saat sedang membersihkan kotoran kucing dan saat berkebun.


0 komentar:

Posting Komentar

Back to Top